3.780 Siswa Siap Jalani UN

Jika tak ada aral melintang sejumlah 3.780 murid sekolah dasar (SD) sederajat di Kota Banjarbaru segera melaksanakan ujian nasional (UN), Senin, (6/5) hari ini, hingga berakhir pada Rabu, (8/5) mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Ahmadi Arsyad kepada wartawan menuturkan seluruh data murid sudah SD yang turut serta dalam UN telah dikirim ke Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel dan dimasukan dalam data induk peserta UN tingkat SD sederajat.

Kabid Pendidikan Dasar Disdik Banjarbaru Johan Arifin menjelaskan, seluruh murid SD dan sederajat yang menjadi calon peserta UN terdiri dari murid sekolah dasar sebanyak 3.362 orang dan madrasah ibtidaiyah 418 orang. Seluruh murid tingkat SD tersebut berasal dari 76 sekolah dan 12 madrasah ibtidaiyah yang mengikuti ujian akhir sekolah pada 27 tempat penyelenggara ujian.

“Selain peserta dari SD dan sederajat ada pula calon peserta UN dari program penyetaraan paket A sebanyak 129 orang terdiri dari PKBM Al Hikmah sebanyak 115 orang dan 14 orang dari SKB Banjarbaru,” bebernya.

Ujian bagi peserta UN tingkat SD dan sederajat dilaksanakan pagi hari dengan satu pelajaran yang diujikan setiap hari, sedangkan UN bagi peserta program paket A dilaksanakan siang harinya.

“Seluruh calon peserta UN siap mengikuti ujian penentu kelulusan sekolah dasar dan mereka sudah mengikuti ujicoba ujian yang dilaksanakan dinas pendidikan setempat,” tambahnya.

Di samping itu, sejumlah sekolah juga mengikutsertakan anak didiknya dalam ujicoba UN bekerjasama dengan lembaga pendidikan sehingga diharapkan kelulusan mencapai hasil yang maksimal.

“Kami yakni calon peserta mempersiapkan dengan maksimal terlebih mereka usai mengikuti ujicoba ujian yang dilaksanakan Disdik di sekolah maupun ujicoba bekerjasama dengan lembaga pendidikan. Kita mengimbau kepada orang tua agar mendampingi dan memberikan motivasi kepada anak-anaknya yang tengah mempersiapkan diri mengikuti ujian,” pungkasnya.

Tinggalkan komentar